Selamat Datang

selamat datang di blog sederhana gw :) semoga kita bisa berbagi cerita maupun pengalaman menarik disini

Rabu, 22 September 2010

Habis Kuliah,Mau Dibawa kemana???

Kali ini gw mau ngebahas masalah mau dibawa kemana kita habis kuliah.

Oke gw akan segera memulainya,sebelumnya perhatiin aja deh apa yang bakal gw tanyain ke kalian semua. Buat yang bisa ngejawab dengan baik dan logis bagi kita semua thanks loh infonya.

Kita sebagai manusia pada era yang modern ini pasti diwajbkan yang namanya menuntut ilmu,kemudian disini gw sebagai salah satu orang yang sedang menuntut ilmu juga mendapatkan pertanyaan yang pada awalnya bisa dibilang sepele tapi menurut gw sekarang uda gabisa dianggap sepele. Apalagi ini menyangkut gag sekedar masa depan kita,tetapi juga untuk saudara2 kita yang memang belum bisa menikmati bangku pendidikan.

Sebenarnya tujuan utama kalian kuliah itu apa?

Pertanyaan ini memang mendasar dan kemudian kita lanjutkan dengan pertanyaan ini.

Apa yang kita lakukan setelah lulus kuliah?

Nah, semua pada bisa jawab gag nih pertanyaannya. Meski pertanyaan dari gw ini masih mendasar tetapi gw Cuma pengin ngliat jawaban kalian secara jujur, gag sekadar jawaban yang berujung pada teoritis.
Bukan karena gw anti ama yang namanya teori,tetapi yang namanya teori itu kadang2 bagi gw hanyalah angan2 belaka yang mana bisa diwujudkan jika orang itu bersedia menerapkannya dalam kehidupannya.

Sebagai contoh aja,dalam kuliah kita seringkali mendapatkan bermacam teori nyampe berjubel2,semacam gw lah kuliah di fakultas ekonomi. Kadang gw mendapatkan teori mengenai pasar maupun mengenai bagaimana perilaku produsen menghadapi konsumen berikut sebaliknya,tetapi hey sadar yang namanya teori kadang berbeda banget ama kenyataan di lapangan. Gw lebih suka dengan yang namanya kuliah lapangan meski di kampus gw gag ada,tapi uda 2 bulan ini gw mengikuti kuliah ini di luar dan gw ngerasa lebih bermanfaat dibandingkan kuliah di dalam kelas. Kenapa gw ampe berpikiran seperti itu?

Kurikulum kampus gw terutama,masih menganut paham barat dimana penerapannya sangat sekali susah untuk diterapkan di Indonesia. Dan oriented dari barat adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan,sementara realita yang ada di Indonesia kita ini bukan mencari lagi pekerjaan tapi bagaimana kita menciptakan suatu usaha/lapangan pekerjaan?

So, bagi lo semua yang ngrasa IP anda paling bagus coba berargumen tapi kasih gw alasan yang logis. Kadang gw sendiri berdebat ama temen gw yang ngrasa dia pinter mentang2 IP bagus tetapi jawabannya di luar nalar kita sebagai orang Indonesia pada umumnya.

Apa yang kita lakukan setelah lulus kuliah?
Mau menjadi pegawai seperti PNS (gaji tetap dan terjamin) tetapi persaingan makin hari makin banyak ato memilih menjadi seorang wirausahawan (gaji tak menentu namun persaingan relatif sedikit jika kita memiliki produk unggulan)?
Jika kita memilih PNS yah hidup akan lurus2 saja tanpa ada hambatan,ibarat jalan tol yang mulus,jalan kita akan selalu santai ma lurus terus hhahaha, meskipun untuk menjadi PNS harus bersaing dengan ribuan bahkan ratusanribuan pesaing. Bandingkan kalo kita menjadi seorang wirausahawan. Kita kadang menemui jalan yang tidak mulus,tapi kadang jalan bergelombang meskipun itu resiko yang wajar untuk dilalui sebagai seorang wirausahawan. So, gw tunggu jawabannya setelah ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar